D I S K O M I N F O S A N T I K P R O V . K A L T E N G

Loading

Diskominfo Berikan Kuliah Lapangan Kepada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
Diskominfo Berikan Kuliah Lapangan Kepada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangka Raya

Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (Diskominfo Kalteng) berikan materi perkuliahan lapangan kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.

Kegiatan ini merupakan penerapan sistem pembelajaran yang berimbang dari aspek empirik, normatif dan praktis melalui pengoptimalisasian perkuliahan di luar kelas (kuliah lapangan), melalui aktifitas observasi dan analisa persoalan dan isu-isu terbaru yang disesuaikan dengan relevansi materi dan mata kuliah diberbagai instansi pemerintah, (SOPD dan FKPD) dan swasta di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Baca juga : Gubernur Kalteng Hadiri Pelantikan Ketua Umum KONI Kalteng Masa Bakti 2020-2024

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Diskominfo Kalteng, Jalan Tjilik Riwut Km. 3.5, Senin (24/6) ini menghadirkan Kepala Diskominfo Kalteng Ir. Herson B. Aden, M.Si, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Baryen, ST., M.Eng dan Pranata Humas Ferawati, S.Sos, M.Med.Kom selaku narasumber.

Kadis Kominfo menjelaskan berbagai aplikasi yang digunakan oleh Diskominfo terkait dengan fungsinya dalam mewujudkan Kalimantan Tengah untuk menjadi Smart Province. Gedung Smart Province yang sedang dalam tahap pembangunan nantinya akan diisi dengan berbagai aplikasi dan fasilitas penunjang seperti : Aplikasi Dasboard Pembangunan Kalimantan Tengah, Satudata Kalteng, dan pantauan CCTV terpusat, Data CenterCommand CenterVideo Conference dan Pusat Layanan Informasi Publik.

"Sebagian ruangan di dalam gedung saat ini sudah ada yang difungsikan untuk Command Center dan Data Center yang digunakan untuk penyimpanan data, monitoring atau melihat perkembangan kinerja OPD melalui aplikasi dashboard pembangunan kalteng, pemantauan bank data Kalteng, CCTV terpusat yang sudah terpasang di beberapa wilayah se-Kalteng dan memberikan Layanan Informasi Publik online melalui PPID Utama yang berada di Diskominfo Prov. Kalteng," Jelas Herson.

Diharapkan jika selesai pembangunannya nanti, Gedung Smart Province akan menjadi kebanggan tersendiri, Kalimantan Tengah memiliki sebuah sarana monitoring satu pintu, pusat data di satu lokasi yang dapat menunjang pimpinan dalam pengambilan kebijakan dari sumber data yang bisa lebih efisien diperoleh, selain itu menjadi motivasi untuk Kabupaten dan Kota di Kalimantan Tengah untuk membangun Smart City di kota masing-masing. (ARP/Foto:ARP)

Share:

Berita Terbaru