Submit Lomba Foto, Video, Poster Diskominfo Kalteng Diperpanjang Sampai Tanggal 3 September 2019 - DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA PERSANDIAN DAN STATISTIK PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
  • Sabtu, 21 September 2019

Submit Lomba Foto, Video, Poster Diskominfo Kalteng Diperpanjang Sampai Tanggal 3 September 2019

DISKOMINFO PROV.KALTENG KOMUNIKASI PUBLIK 16

Submit karya untuk semua lomba kategori baik itu foto, video, maupun poster diperpanjangan sampai dengan tanggal 3 september 2019. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Prov. Kalteng Baryen, ST., M. Eng.

"Pemasukan karya untuk semua katagori lomba diperpanjang sampai 3 September 2019, Ayo Ramaikan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke - 74 yang diadakan oleh Dinas Kominfo Prov. Kalteng. Apabila ada yang kurang jelas bisa menghubungi Ibu Suliwatie HP/WA 08115206884 dan Mbak Ferawati HP/WA 081333309345," jelas Baryen.

(Baca Juga : Samakan Persepsi, Diskominfo Kalteng Lakukan Pembinaan Ke Diskominfo Barsel)

Dalam rangka untuk mewujudkan kemeriahan acara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan Lomba Foto, Video dan Poster.

Tujuan pelaksanaan dari perlombaan Foto, Video dan Poster adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kegembiraan dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 pada tanggal 17 Agustus 2019.

I. Ketentuan Perlombaan

1. Lomba Foto

a. Untuk pengambilan gambar foto dengan menggunakan kamera DSLR dan Kamera Pocket, tidak menggunakan Drone, smartphone atau kamera film.
b. Olah digital diperbolehkan, sebatas perbaikan foto (sharpening, color balance, dan croping).
c. Foto dilombakan adalah hasil karya sendiri, dan tidak pernah diikutkan dalam perlombaan lain, dan atau belum pernah digunakan untuk kepentingan komersial. (akan menyangkut hak cipta dsb).
d. Foto yang dilombakan harus kualitas high resolution, setiap peserta berhak menyerahkan maksimal 2 foto, dengan sisi panjang 1200 pixel, format JPEG, Quality 8 -10. Pemenang wajib menyerahkan file resolusi tinggi, dan membuktikan keaslian karya.
e. Foto disimpan dengan format nama : Lomba Foto_Nama Peserta. 
f. Bila ada tuntutan atas hak cipta dari pihak ketiga baik menyeluruh mau pun sebagian dari isi materi yang diikutkan lomba, sepenuhnya merupakan tanggung jawab peserta lomba yang bersangkutan.

2. Lomba Video

a. Peserta perlombaan videografi yang dilombakan harus high definition (HD) dengan codec standar youtube (untuk diposting di website/media sosial).
b. Durasi waktu minimal 3 menit dengan maksimal 5 menit.
c. Ukuran video maksimal 200 MB.
d. Peserta Lomba boleh individu ataupun kelompok.
e. Setiap peserta hanya boleh menyerahkan 1 video.
f. Video yang dilombakan tidak pernah diikutkan dalam perlombaan lain, dan atau belum pernah digunakan untuk kepentingan komersial.
g. Bila menggunakan audio yang berlisensi, harus sudah membayar lisensinya.
h. Video disimpan dengan format nama : Lomba video_Nama Peserta.
i. Bila ada tuntutan atas hak cipta dari pihak ketiga baik menyeluruh mau pun sebagian dari isi materi yang diikutkan lomba, sepenuhnya merupakan tanggung jawab peserta lomba yang bersangkutan.

3. Lomba Poster

a. Peserta lomba adalah individu bukan kelompok.
b. Setiap peserta berhak menyerahkan maksimal 2 poster.
c. Poster yang dibuat secara digital, dikirim dalam format JPEG Quality 12, dengan sisi panjang 1200 pixel. 
d. Pemenang wajib menyerahkan file asli, format vector atau image bitmap sesuai saat pembuatan. Bila dibuat dalam image bitmap, wajib menyerahkan dalam format JPEG Quality 12, atau PSD, atau Tiff resolusi 300ppi dengan skala 1:1.
e. Pemenang wajib membuktikan keaslian kepemilikan karya, baik ilustrasi mau pun foto yang dipakai dalam poster. 
f. Desain poster dapat dibuat hanya dengan ilustrasi atau menggabungkan antara ilustrasi dengan foto (catatan: foto merupakan karya sendiri bukan karya orang lain).
g. Karya desain disimpan dengan format nama : Lomba Poster_Nama Peserta. 
j. Poster yang dilombakan merupakan karya asli peserta dan belum pernah diikutsertakan atau dipublikasikan untuk keperluan yang bersifat komersil serta harus bebas dari setiap kontrak atau ikatan lain (Bila ada tuntutan atas hak cipta dari pihak ketiga baik menyeluruh mau pun sebagian dari isi materi yang diikutkan lomba, sepenuhnya merupakan tanggung jawab peserta lomba yang bersangkutan.)
k. Video disimpan dengan format nama : Lomba video_Nama Peserta.

II. Ketentuan Umum

a. Tema yang dilombakan adalah “Tunjukkan Aksi Merah Putihmu”
b. Awal submit Karya tanggal 15 Agustus 2019 dengan batas akhir tanggal 3 September 2019.
c. Karya dan obyek yang terkandung di dalam video, foto dan poster merupakan tanggung jawab peserta lomba, panitia penyelenggara tidak melayani segala bentuk tuntutan dari pihak manapun sehubungan dengan obyek yang dilombakan.
d. Peserta boleh mengikuti salah satu kategori lomba.
e. Panitia berhak menggunakan karya foto, video dan poster pemenang untuk keperluan publikasi Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah, namun Hak Cipta tetap menjadi milik pembuat karya. 
f. Untuk foto, video dan poster yang tidak menang tetapi akan dimanfaatkan untuk kepentingan publikasi akan diadakan pembicaraan lebih lanjut dengan pemilik foto, video dan poster.
g. Panitia berhak mendiskualifikasi peserta yang memasukkan karya foto, video atau poster yang tidak memenuhi aturan lomba, Karya tidak boleh mengandung unsur yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia : kesusilaan, moral, kekerasan dan tidak mengandung unsur pornografi, serta bertentangan dengan SARA (Suku, Agama, dan RAS).
h. Pegawai Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah tidak diperkenankan untuk mengikuti lomba.
i. Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
j. Hasil karya diserahkan kepada Sekretariatan lomba Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah melalui email bidang2kominfo@gmail.com dengan subjek : Lomba Foto_17 Agustus_Nama Peserta. Peserta juga menyertakan Nama, Alamat dan Nomor telepon yang bisa dihubungi beserta scan KTP dalam email yang bersangkutan.
k. Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi Ibu Suliwatie HP/WA 08115206994 dan Ibu Ferawati HP/WA 08133309345.

III. Penilaian

1. Lomba Fotografi
a. Ide / gagasan
b. Sesuai dengan tema perlombaan
c. Latar yang diambil
d. Kualitas foto
e. Keunikan foto

2. Lomba Video
a. Pengambilan Gambar berdasarkan gagasan / ide yang menarik.
b. Isi pesan yang terkandung dalam Video
c. Aspek komunikasi
d. Kualitas teknis gambar dan suara
e. Durasi waktu ± 5 menit
f. Ukuran video maksimal 200 MB

3. Lomba Poster
a. Orisinalitas Karya
b. Format poster menyesuaikan dengan tema
c. Penyampaian pesan / komunikasi dalam karya poster
d. Poster menarik dan mempunyai nilai estetika.

(MMC Kalteng)

Kalteng Berkah

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran Tinjau Pembangunan SMK Negeri 3 Buntok Unggulan

21 September 2019 17:27

MMCKalteng - Barito Selatan - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran meninjau secar ...


Gubernur Kalteng Lepas Pawai Akbar di Stadion Olahraga Batuah, Buntok

21 September 2019 17:10

MMCKalteng - Barito Selatan - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran melepas kebera ...


Gubernur Kalteng Tinjau Pelayanan Pasien Terdampak Karhutla di RSUD Jaraga Sasameh, Buntok

21 September 2019 16:54

MMCKalteng - Barito Selatan - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran meninjau ...


Galeri Foto