D I S K O M I N F O S A N T I K P R O V . K A L T E N G

Loading

Satu Lagi Terobosan Gubernur Kalteng Melalui Diskominfo : Membangun Jaringan Fiber Optic ke Semua OPD
Satu Lagi Terobosan Gubernur Kalteng Melalui Diskominfo : Membangun Jaringan Fiber Optic ke Semua OPD

Komitmen Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah tidak diragukan lagi. Berbagai macam terobosan dan inovasi telah dilakukan Gubernur muda ini semenjak dirinya menjabat, salahsatunya adalah tekadnya untuk menjadikan Kalteng sebagai Smart Province.

Gubernur Kalteng melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfo) Prov. Kalteng melakukan pembangunan jaringan Fiber Optic (FO) atau pemasangan jaringan Wide Area Network (WAN) di 43 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov. Kalteng sepanjang 34 Km untuk menunjang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dalam upaya efisiensi dan efektivitas kerja birokrasi.

Baca juga : Pentingnya Menjaga Etika di Media Sosial

"Fo nya tersambung ke 43 SOPD sepanjang 34 km, diarahkan untuk intranet antar SOPD sehingga proses bisnis lebih lancar dengan kecepatan up to 1 Gbps", jelas Kepala Dinas Kominfo Kalteng Ir. Herson B. Aden., M.Si.

Lebih lanjut Herson menjelaskan bahwa aplikasi yang sifatnya internal Pemprov. Kalteng berbasis client server tidak perlu lagi menggunakan internet, seperti SIMDA, E-Budgeting, SIP3D dan lain-lain sudah tidak menggunakan internet lagi. Pemasangan FO ini dilakukan untuk mempercepat proses bisnis Government to Government (GtG).

"Saat ini lagi on progress pembangunan jaringan FO antar SOPD, diharapkan bulan oktober sudah tersambung semua, dan bulan nopember bisa diuji coba, hal ini dilakukan untuk mempercepat proses bisnis GtG, jadi tidak ada lagi jaringan lelet atau lambat, serta untuk menghemat biaya karena tidak memakai internet sebagai koneksinya," tutur Herson, Rabu (4/9/2019).

Selain itu pemasangan WAN atau FO di 43 OPD ini juga untuk telepon lokal antar SOPD, kemudian terhubung CCTV sehingga tidak perlu lagi membayar jaringan, Video Conference antar SOPD dapat dilakukan, aplikasi bisa terhubung antar SOPD dengan jaringan yang cepat up to 1 Gbps, dan internet bisa disupport dari satu titik di Diskominfo agar terpusat sehingga lebih murah, serta Diskominfo bisa mengendalikan pemakaian internet seluruh SOPD sehingga sesuai dengan kebutuhan.

Tekad Gubernur H. Sugianto Sabran menjadikan Kalimantan Tengah sebagai Smart Province dengan membuka lebar keran informasi dan data-data pemerintahan membuat komunikasi dengan masyarakat semakin interaktif dan positif. Ini semakin mengukuhkan Kalteng menjadi provinsi yang memiliki keterbukaan informasi publik yang sangat baik di tingkat nasional. 

Baru-baru ini Gubernur Kalteng mendapat penghargaan sebagai Gubernur inovatif tahun 2019 dengan kategori pelayanan masyarakat dalam ajang Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2019, yang digelar pada Kamis (22/8/2019) di Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Bertema "Inovasi Untuk Indonesia Unggul", KDI 2019 memberikan penghargaan kepada 27 Kepala Daerah. (MMC Kalteng)

Share:

Berita Terbaru