Kadis Kominfo Kalteng Pimpin Audiensi Nodeflux Teknologi Indonesia Terkait Pembangunan Smart City - DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA PERSANDIAN DAN STATISTIK PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
  • Selasa, 15 Oktober 2019

Kadis Kominfo Kalteng Pimpin Audiensi Nodeflux Teknologi Indonesia Terkait Pembangunan Smart City

DISKOMINFO PROV.KALTENG TIK DISKOMINFO 25

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (Diskominfo Kalteng) Ir. Herson B. Aden, M.Si pimpin Audiensi Nodeflux Teknologi Indonesia yang akan melakukan pengenalan solusi dan diskusi teknis terkait produk Inteligent Video Analytics (IVA) dalam penyediaan data melalui kecerdasan buatan untuk mendukung pembangunan Kota Pintar (Smart City).

Paparan oleh Vika Audina Matitaputty selaku Project Manager dari Nodeflux dan Fachreza Aiyubi Akbar selaku Business Advocate dalam pembangunan Smart City digelar di Ruang Command Center, Gedung Smart Province, Jalan Tjilik Riwut, Km. 3,5, Kota Palangka Raya, Rabu (11/9/2019) dan dihadiri OPD terkait.

(Baca Juga : Diskominfo se-Kalteng Kunjungi Gedung Smart Province)

Kadis Kominfo Kalteng menjelaskan bahwa CCTV telah terpasang di seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Tengah. Nantinya jika telah menjadi Smart City maka CCTV akan diperbaharui menjadi Inteligent Video Analytics. CCTV yang telah terpasang sementara masih dalam kapasitas memantau.

"CCTV telah terpasang di seluruh Kabupaten Kota di Kalimantan Tengah, memang CCTVnya belum sampai CCTV analytics karena kita dalam kapasitas untuk memantau, mungkin kalau nanti Smart City lebih banyak melakukan eksekusi," jelas Herson.

Kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligence) kini memang jadi tren di dunia teknologi. Tak sedikit perusahaan teknologi kenamaan dunia berlomba-lomba mengembangkan kecerdasan buatan untuk membantu pekerjaan jadi lebih mudah.

Nodeflux merupakan startup asli Indonesia yang juga ikut berkecimpung di bidang AI. Sudah aktif sejak 2016, Nodeflux menyediakan solusi teknologi pengenalan wajah yang terpasang di CCTV.

Nodeflux sebelumnya juga ikut terlibat dalam proyek kamera keamanan yang memantau berjalannya Asian Games 2018 dan IMF-World Bank Group Annual Meeting 2018 di Bali. Saat Asian Games 2018, Nodeflux bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menyediakan teknologi pengenalan wajah yang dipasang di CCTV, tujuannya untuk memantau keamanan.

Teknologi IVA didesain untuk penanganan situasi genting serta pengawasan pada area yang traffic-nya tinggi. Misalnya untuk pemasangan pada zona perimeter bandara atau gedung lembaga pemerintahan, melacak kapal di area pelabuhan atau pesisir, memonitor lintas perdagangan di dok, bahkan untuk penggunaan di area-area yang bercuaca ekstrim. Saat ini, fitur EVA dapat ditemukan pada BOSCH IP camera 6000 series, sementara fitur IVA terdapat pada BOSCH IP camera 7000 & 8000 series. (MMC Kalteng)

Kalteng Berkah

Ketua TP-PKK Ivo Sugianto Sabran Resmikan Posyandu Lansia Ar-Rasyid, Kota Palangka Raya

13 Oktober 2019 19:14

MMCKalteng - Palangka Raya - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) P ...


Gubernur Sugianto Tekankan Pentingnya Pendidikan Kepramukaan Untuk Pembentukan Karakter

13 Oktober 2019 14:07

MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menyampaikan ba ...


Untuk Kedua Kalinya, Wonderful Sail To Indonesia Berlabuh di Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat

13 Oktober 2019 08:05

MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah ke ...


Galeri Foto