Siaran Keliling Diskominfo Kalteng Lakukan Penyebaran Informasi dan Himbauan Agar Tidak Membakar Hutan dan Lahan - DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA PERSANDIAN DAN STATISTIK PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
  • Selasa, 15 Oktober 2019

Siaran Keliling Diskominfo Kalteng Lakukan Penyebaran Informasi dan Himbauan Agar Tidak Membakar Hutan dan Lahan

DISKOMINFO PROV.KALTENG INFORMASI PUBLIK 20

Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (Diskominfo Prov. Kalteng) melalui satuan tugas Siaran Keliling (Sikel) melakukan penyebaran informasi himbauan kepada masyarakat dan perusahaan agar tidak membakar hutan dan lahan.

Kepala Diskominfo Kalteng Ir. Herson B. Aden, M.Si menyampaikan bahwa penyebaran informasi dan himbauan dari Pemprov Kalteng kepada masyarakat dan perusahaan bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai dampak dan konsekuensi dari tindakan pembakaran hutan dan lahan.

(Baca Juga : Kadis Kominfo : Satukan Pemahaman Konsep dan Implementasi Smart City Pada Kab/Kota se-Kalteng)

"Dalam rangka penyebaran informasi dan himbauan dari Pemprov Kalteng melalui Diskominfo tentang larangan tidak membakar hutan dan lahan kepada masyarakat dan perusahaan, pelaku pembakar hutan dan lahan akan mendapat sanksi pidana Karhutla dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara dan denda 10 milyar, sesuai UU. No. 32 Tahun 2009," jelas Herson.

Tim Sikel yang dipimpin oleh Kepala Seksi Media Publik, Diskominfo Kalteng Herdi Tuah, SE, berkeliling ke beberapa Kelurahan di Kota Palangka Raya, diantaranya Kelurahan Tangkiling, Sei Gohong dan sekitarnya untuk melakukan penyebaran informasi dan himbauan. 

"Kita menghimbau kepada Bapak, Ibu dan Anak-Anak, serta masyarakat pada umumnya, akibat dampak kabut asap agar menggunakan masker saat beraktifitas diluar rumah," kata Herdi Tuah disela-sela kegiatannya, Senin (16/9).

Lebih lanjut Herdi menjelaskan bahwa kegiatan Sikel dilaksanakan mulai tanggal 13 September 2019 sampai dengan 11 Oktober 2019. Sikel akan menyebarkan informasi dan himbauan ke sejumlah tempat di Kota Palangka Raya dan sekitarnya.

Terkait dengan antisipasi dampak asap dari Karhutla, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengeluarkan surat edaran tentang himbauan ke masyarakat dalam rangka antisipasi terhadap dampak asap di Provinsi Kalimantan Tengah.

Sehubungan dengan makin meningkatnya Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Parameter PM10 > 101 µg/m³ akibat Karlhut (kebakaran hutan dan lahan) dibeberapa wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah, dimana sesuai Keputusan Menteri Lingkungan Hidup nomor : KEP-45/MENLH/10/1997 tentang Indeks Standard Pencemar Udara berada pada katagori tidak sehat, yang bersifat merugikan manusia dan kelompok hewan yang sensitif, serta bisa menimbulkan kerusakan pada tumbuhan dan nilai estetika, menghimbau kepada masyarakat :

1. Dalam kondisi ISPU yang cukup tinggi diharapkan agar masyarakat dapat menjaga kesehatan.

2. Sedapat mungkin hindari atau kurangi aktivitas di luar rumah/gedung, terutama bagi mereka yang menderita penyakit jantung dan gangguan pernafasan, ibu hamil dan anak sekolah.

3. Jika terpaksa pergi ke luar rumah/gedung maka sebaiknya menggunakan masker.

4. Minumlah air putih lebih banyak dan lebih sering.

5. Bagi yang telah mempunyai gangguan paru dan jantung sebelumnya, mintalah nasehat kepada dokter untuk perlindungan tambahan sesuai kondisi. Segera berobat ke dokter atau sarana pelayanan kesehatan terdekat bila mengalami kesulitan bernapas atau gangguan kesehatan lain.

6. Selalu lakukan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), seperti makan bergizi, jangan merokok, istirahat yg cukup dan lain-lain.

7. Upayakan agar polusi di luar tidak masuk ke dalam rumah / sekolah / kantor dan ruang tertutup lainnya.

8. Penampungan air minum dan makanan harus terlindung baik.

9. Bahan makanan dan minuman yang dimasak perlu di masak dengan baik dan higienis. Buah-buahan dicuci sebelum dikonsumsi. Demikian untuk disampaikan agar dapat dilaksanakan.

 

(MMC Kalteng)

Kalteng Berkah

Ketua TP-PKK Ivo Sugianto Sabran Resmikan Posyandu Lansia Ar-Rasyid, Kota Palangka Raya

13 Oktober 2019 19:14

MMCKalteng - Palangka Raya - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) P ...


Gubernur Sugianto Tekankan Pentingnya Pendidikan Kepramukaan Untuk Pembentukan Karakter

13 Oktober 2019 14:07

MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menyampaikan ba ...


Untuk Kedua Kalinya, Wonderful Sail To Indonesia Berlabuh di Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat

13 Oktober 2019 08:05

MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah ke ...


Galeri Foto